Minggu, 29 Januari 2012

Cucak Rawa, Agribisnis Yang Selalu Menguntungkan ?


Cucak Rawa, Agribisnis Yang Selalu Menguntungkan ?

Segala jenis usaha agribisnis, termasuk beternak Cucak Rawa terbukti mampu memberikan keuntungan besar. Tentu saja bila ini ditekuni dengan benar, sepenuh hati, pikiran dan tenaga maka dapat dijadikan sumber penghasilan keluarga.
  
    Begitulah yang selama ini dilakukan Seger Sehadi Mulyono (52). Pengalamannya menekuni usaha agribisnis menghantarkan pria ini sukses menjalankan ternak cucak rowo. Berawal dari seorang penyembelih ular kobra, yang dijalaninya selama 25 tahun, sembari beternak bekisar kemudian ia beralih menjadi peternak Cucak Rawa.
      Seger Sehadi mengisahkan perekonomian keluarganya selama ini ditopang dari hasil bisnis agribisnis. Mulai dari penyembelihan ular kobra hingga akhirnya pilihan hatinya jatuh pada Cucak Rowo.. Ia melihat prospek Cucak Rawa yang mengalami kenaikan, maka tergiurlah Seger untuk menangkarkan burung berkicau indah ini.
      Dengan sisa tabungannya, Seger kemudian membeli 3 pasang Cucak Rawa seharga Rp 15 juta. Ketiga pasang burung tersebut ditangkarkan ke dalam kandang masing-masing berukuran 2x2 m2, dengan dilengkapi pohon setinggi 1,5 m.
      Setahun berlalu, indukan Cucak Rawa itupun mulai menelur. Dan telur-telur itu juga menetas dengan sempurna. Tiap pasang anakan yang masih berumur 1,5 bulan dijualnya seharga Rp 4 juta. Sementara bila ada pelanggan yang berminat terhadap indukan dijualnya dengan kisaran harga Rp 12,5 juta per pasang.
‘ dinahkodai’ dengan beternak Cucak Rawa memang bukan hal yang mudah dan instan. Tetapi penuh perjuangan sepenuh hati, pikiran dan mencurahkan seluruh tenaganya agar burung-burung itu tetap hidup dan bertelur dengan baik.
      Meski ternak cucak rawa bukan satu-satunya sumber penghasilannya tetapi Seger Sehadi tetap mengandalkan pendapatan keluarga dari sektor ini. Karena dari penangkaran inilah ia mampu menyambung hidupnya.
      Kini di hari tuanya, pria yang sudah mandiri sejak usia SD ini tinggal menikmati hasil penangkaran Cucak Rawanya. Ia pun juga tak kawatir lagi dengan kondisi ekonominya. anjar
Analisa usaha Ternak Cucak Rowo
Modal Awal
Beli 3 pasang indukan @ Rp 5 juta  = Rp 15 juta
Pembuatan kandang 2x 10 m2            Rp  5 juta
B.Operasional
Pangan dan obat-obatan untuk 10 pasang Rp 1,5 juta/bln
Tenaga                 Rp 0
C.Pemasukan
 Jual perpasang       RP 4jt x 5 psng/bln    Rp 20 jt
D.Keuntungan
C-D ( 20 – 1,8)                                       Rp 18,5       

1 komentar:

  1. Cara menghitung keuntungannya saya belum paham beli indukan tiga pasang tapi sebulan panen 5 pasang..........hebat

    BalasHapus

ksatrio.471@gmail.com